Beranda » Pulau Lombok » Fakta Unik Pulau Lombok – Batik Tour

Fakta Menarik Pulau Lombok yang Harus Kamu Ketahui

 

 

 

 

 

 

Halo Sobat Batik – Mungkin selama ini banyak yang beranggapan kalau kata Lombok berasal dari bahasa Jawa yang berarti cabai. Namun anggapan ini ternyata salah kaprah. Lombok sebenarnya berasal dari bahasa Sasak yaitu “lomboq” yang berarti lurus.Konon nama lombok diberikan untuk memperingati perjalanan panjang para nenek moyang masyarakat Lombok saat menemukan pulau ini. Namun, seiring berjalannya waktu, kata Lomboq berganti menjadi kata Lombok. Pada akhirnya sampai saat ini kata Lombok lebih populer dan dikenal oleh banyak orang.

Bagi Anda yang berniat menghabiskan liburan di Lombok, ada baiknya Anda mengetahui hal-hal unik tentang Lombok berikut ini . Dengan begitu liburan Anda makin berkesan dengan eksplorasi Lombok makin dalam.

Dijuluki Pulau Seribu Masjid

Mayoritas masyarakat Lombok beragama Islam sehingga tak heran Anda akan banyak menemukan masjid di sepanjang jalan. Banyaknya masjid yang berdiri di Lombok, membuatnya disebut dengan Pulau Seribu Masjid.

Gunung berapi tertinggi ke dua di Indonesia

Rinjani, gunung berapi yang masih aktif ini merupakan gunung berapi tertinggi ke-dua di Indonesia dengan ketinggian sekitar 3.726 m dpl. Secara administratif gunung ini terletak di tiga kabupaten yakni Kabupaten Lombok Timur, Tengah, dan Barat.

Namanya begitu tersohor dikalangan para wisatawan dan para pendaki karena terdapat banyak spot pendakian yang indah. Selain itu, dari puncak Rinjani ini kita bisa melihat pemandangan hampir seluruh bagian Pulau Lombok. Indah sekali bukan? Maka tidak heran jika banyak wisatawan yang berkali-kali mengunjungi gunung ini saat beribur ke Lombok.

Rinjani, gunung berapi tertinggi ke-dua di Indonesia, sumber ig @cattfroment

Suku Asli Lombok

Penduduk asli pulau Lombok adalah suku Sasak yang mayoritas menganut agama Islam. Selain Suku Sasak yang populasinya mencapai 80 persen, masyarakat pulau Lombok terdiri dari beragam etnis. Kita bisa menemui etnis Jawa, Arab dan Tionghoa. Namun terkait dengan asal-usul suku Sasak sendiri masih menjadi perdebatan dikalangan para ilmuwan.

Sebagian ahli beranggapan bahwa Suku Sasak merupakan penduduk asli Pulau Lombok yang dinikahi oleh para imigran dari Pulau Jawa pada masa kerajaan Mataram Lama. Sedangkan sebagian lain beranggapan bahwa Suku Sasak berasal dari Suku Jawa kuno. Terlepas dari berbagai polemik yang ada, semua sepakat bahwa Suku Sasak sudah menghuni daratan Lombok selama ratusan tahun lamanya.

Masakan Pedas

Bagi sobat Batik pecinta kuliner pedas, Pulau Lombok bisa jadi salah satu destinasi yang sangat tepat untuk memanjakan lidah. Pasalnya, pulau ini memiliki makanan khas yang bercita rasa pedas. Diantaranya adalah ayam taliwang, beberuk terong, plecing kangkung, sate bulayak, sate rembiga dan banyak lainnya.

Cita rasa pedas yang nampol dari masakan khas daerah ini dipengaruhi oleh cabai asli Pulau Lombok yang memiliki pamor pedas yang benar-benar berasa banget. Oleh karenanya tak salah jika banyak yang mengatakan bahwa daerah ini adalah gudangnya makanan pedas.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.