Beranda » Kepulauan Karimunjawa » Ada apa sih di Pulau Karimunjawa?

Tentang Karimunjawa

Tidak perlu jauh-jauh ke Maladewa, Hawaii, atau Karibia, karena ternyata kamu bisa dengan mudah menemukan pantai indah dengan panorama alam yang memukau di Indonesia. Di utara Pulau Jawa, contohnya ada gugusan pulau cantik bernama Karimunjawa yang tepatnya berada dalam wilayah kabupaten Jepara.

Karimunjawa memiliki 27 pulau, dimana diantara 22 pulaunya tidak berpenghuni alias masih alami. Jarak antarpulau yang tidak terlalu jauh, memungkinkan kamu bisa mengunjungi pulau satu dan lainnya hanya dengan menggunakan kapal-kapal wisata yang sudah kami fasilitasi dalam paket wisata yang kami tawarkan.

 

Akses Menuju Karimunjawa

Pulau Karimunjawa terletak sekitar 83 kilometer di sebelah utara Jepara. Akses menuju Pulau Karimunjawa bisa melalui beberapa tempat, seperti :

  1. Pelabuhan Kartini (Jepara). Penyebrangan dengan menggunakan kapal ferri (KMP Siginjay) dan waktu tempuh +/- 5 jam dalam sekali perjalanan, atau dengan menggunakan kapal cepat (KMC Bahari Express 9C) dan waktu tempuh +/- 2,5 jam dalam sekali perjalanan.
  2. Pelabuhan Tanjung Emas (Semarang). Penyebrangan dengan menggunakan kapal cepat (KMC Bahari Express 3F) dan waktu tempuh +/- 3 jam dalam sekali perjalanan, atau dengan menggunakan kapal pelni (KM Kelimutu) dan waktu tempuh +/- 6 jam dalam sekali perjalanan.
  3. Bandara Internasional Achmad Yani (Semarang). Penerbangan dengan menggunakan pesawat terbang Wings Air (ATR 72-500/600) dan waktu tempuh +/- 35 menit hingga sampai di Bandara Dewadaru, kemudian lanjut 2 jam perjalanan darat menuju Pelabuhan Karimunjawa.
  4. Bandara Internasional Juanda (Surabaya). Penerbangan dengan menggunakan pesawat terbang Airfast (Twin Otter DHAC 300) dan waktu tempuh +/- 1 jam 20 menit hingga sampai di Bandara Dewadaru, kemudian lanjut 2 jam perjalanan darat menuju Pelabuhan Karimunjawa.

 

Tempat Wisata Menarik di Karimunjawa

Masing-masing gugusan pulau di Kepulauan Karimunjawa umumnya memiliki keunikan tersendiri. Tidak mengherankan, sebagian besar wisatawan kerap memilih paket wisata lengkap hampir ke semua pulau. Berikut beberapa tempat wisata terbaik di Kepuluan Karimunjawa yang akan kamu singgahi ketika menggunakan paket wisata dari Batik Group.

  • Pulau Gleyang

Meski merupakan pulau yang tidak berpenghuni, Pulau Gleyang tidak pernah sepi pengunjung. Pulau cantik dengan pantai yang landai ini selalu masuk ke dalam daftar paket tour Batik Group di Karimunjawa. Disini, kamu bisa bermain pasir, voli pantai, berenang, atau sekedar bersantai menikmati jernihnya air laut yang berpadu dengan pasir putih dan ombak yang tenang. Kamu juga bisa berjalan menyusuri pantai dibawah pepohonan yang rindang.

 

  • Pulau Menjangan Besar

Pernahkan kamu merasakan sensasi berenang bersama hiu? Jika belum, Pulau Menjangan Besar harus kamu masukkan ke dalam daftar wisata berikutnya. Di pulau ini terdapat sebuah penangkaran hiu yang berbatasan langsung dengan lautan. kamu bisa berenang bersama hiu dengan pemandangan hamparan air laut dan pulau-pulau sekitar. Namun kamu tidak perlu khawatir, karena hiu-hiu tersebut sudah jinak dan tidak membahayakan, meski berjarak begitu dekat dengan kamu.

 

  • Pantai Ujung Gelam

Di Pantai Ujung Gelam, selain kamu dapat menikmati pasir putihnya yang sangat lembut, kamu juga berkesempatan menyaksikan pemandangan terbaik, yaitu saat matahari mulai tenggelam di ujung lautan. Semburat warna jingga, kuning, dan abu-abu di langit menampilkan pemandangan yang sangat berkesan.

 

 

  • Pulau Cilik & Pulau Tengah 

 

 

 

 

 

Dua pulau yang bersebelahan ini menawarkan keindahan alam bawah laut. Kamu bisa melakukan aktivitas menyelam untuk menyaksikan indahnya batu karang yang terhampar di bawah permukaan laut. Selain itu, ada juga ratusan jenis ikan cantik yang berenang di sela-sela karang.

  • Hutan Bakau di Pulau Kemujan

Selain wisata pantai, Karimunjawa juga memiliki destinasi wisata alam lain yang menarik, yakni hutan bakau. Terletak di Pulau Kemujan, lokasi wisata ini menghadirkan deretan pepohonan bakau yang begitu asri dengan jalur khusus sepanjang 2 kilometer. Kamu bisa menjelajahi hutan sambil menikmati sejuknya udara sekitar serta keindahan tanaman bakau yang menjulang.

  • Pulau Cemara Kecil

 

 

 

 

 

Pulau Cemara Kecil merupakan pulau cantik dengan luas kurang lebih 1,5 hektar dan tidak berpenghuni. Pulau ini berada di sekitar pulau Karimunjawa. Pulau ini dinamakan Pulau Cemara Kecil karena terdapat banyak pohon cemara yang tumbuh di pulau ini. Bedanya dengan Pulau Ccemara Besar adalah dilihat dari luas wilayahnya saja. Deretan pepohonan cemara dipadukan dengan pasir putih yang membentang dengan air laut yang jernih dan berwarna biru muda menjadikan pulau ini sangat cantik dan mempesona. Perairan disekitar pulau ini pun tergolong dangkal, sehingga kita bisa melakukan kegiatan wisata seperti berenang, diving dan snorkeling. Diving dan snorkeling adalah kegiatan wisata yang tidak boleh dilewatkan oleh wisatawan Pulau Cemara Kecil. Airnya yang jernih membuat pemandangan bawah laut ini pula sangat mempesona, kita juga bisa melihat keindahan terumbu karang dari atas perahu. Jarak permukaan laut dengan terumbu karang mulai dari 2 meter hingga 4 meter. Kalau air sedang surut, jarak terumbu karang dari permukaan laut akan lebih dekat. Sama seperti pulau-pulau cantik lainnya di Karimunjawa, kondisi lingkungan di Pulau Cemara Kecil masih sangat terjaga, bersih dan bebas sampah. Kita juga bisa ikut menjaganya dengan tidak membuang sampah sembarangan di kawasan pulau ini.

  • Pulau Cemara Besar

Pulau Cemara Besar tidak kalah menariknya dengan pulau-pulau lain di Karimunjawa. Pulau yang satu ini juga menawarkan keindahan yang sangat mempesona. Pulau Cemara Besar ini memiliki air laut yang jernih, pantai berpasir putih, dan disepanjang pesisir pantai ditumbuhi oleh pohon cemara membuat pulau tersebut masuk dalam daftar wisata terindah di Jawa Tengah. Penamaan pulau ini diambil dari sebuah lahan seluas lebih dari 3 hektar yang ditumbuhi oleh pohon cemara yang sangat lebat, sehingga pulau tersebut dinamakan Pulau Cemara Besar. Ketika anda mengunjungi Pulau Cemara Besar ini hanya dapat sampai di garis pantai saja, dan tidak dapat masuk kedalam pesisir pantai, hal tersebut dikarenakan Pulau Cemara Besar dikelilingi oleh perairan yang cukup dangkal, sehingga apabila anda ingin mengunjungi pulau tersebut, anda harus turun dari perahu kemudian berjalan kaki menuju ke daratannya. Pulau Cemara Besar juga dikenal dengan kekayaan dan keanekaragaman biota lautnya, pada saat anda berjalan menuju kedaratannya atau sekalipun anda sedang berada diatas kapal, anda akan menyaksikan dengan jelas ikan – ikan yang sedang berenang di air yang sangat jernih tersebut. Tidak hanya spesies ikan saja yang dapat anda lihat disana, tetapi juga berbagai macam dan jenis terumbu karang terdapat di perairan tersebut seperti misalnya table coral, staghorn coral, brain coral, dan masih banyak lagi jenis terumbu karang yang sangat indah. Bagi wisatawan yang ingin Snorkeling atau menyelam di Pulau Cemara Besar untuk menikmati keindahan surga bawah lautnya, tidak perlu bingung, karena hampir pada setiap sudut di pulau tersebut terdapat spot yang sangat baik untuk melakukan kegiatan tersebut. Anda dapat menemukan beraneka ragam jenis ikan dan terumbu karang dengan warna yang sangat indah. Pulau Cemara Besar juga terkenal dengan suasana yang sejuk dan hijau, berkat pohon cemara yang tumbuh pada hampir seluruh daratannya, beningnya air dan putihnya pasir di sekeliling Pulau tersebut, menciptakan gradasi warna yang sangat menyejukan mata para wisatawan, untuk itu tak Jarang wisatawan yang menghabiskan waktu liburannya di Pulau Cemara Besar yang cantik ini.

  • Pulau Menjangan Kecil

 

 

 

 

 

Pulau Menjangan Kecil atau yang lebih popular disebut spot Maer oleh warga setempat, merupakan spot berenang dan snorkeling dengan terumbu karang yang indah dan elok. Tempat ini kaya akan aneka ragam jenis terumbu karang. Selain itu, ada banyak jenis ikan di spot snorkeling pulau menjangan kecil ini. Yang lebih menyenangkan kamu bisa melihat atau bersentuhan dengan ikan-ikan tersebut. Namun ada syaratnya bila kamu berkunjung kesini kamu harus membawa makanan untuk kemudian diberikan kepada ikan-ikan cantik tersebut. Makanannya cukup mudah didapat, yaitu roti, dan hampir semua jenis roti disukai oleh ikan di pulau menjangan kecil.

  • Bukit Love & Bukit Joko Tuo

 

 

 

 

 

Karimunjawa memang memesona dari manapun sudutnya. Ada satu tempat yang sempurna untuk menikmati keekotisan pulau ini. Apalagi kalau bukan Bukit Joko Tua yang berjarak sekitar satu kilometer dari dermaga. Selain udaranya sejuk, bisa digunakan untuk menikmati matahari terbenam dari atas. Objek ini memang tidak sepopuler tempat lain seperti Pulau Menjangan, Pulau Tanjung Gelam, atau Pulau Gosong. Namun keindahan sunset yang dilihat nampakdari sini sempurna.

Selain Bukit Joko Tuo, juga ada tempat eksotiks lainnya seperti Bukit Love. Bukit ini juga menyuguhkan beberapa lokasi untuk selfie dengan latar belakang sarang burung, atau tulisan “LOVE” dan “KARIMUNJAWA” yang sudah terkenal. Bukit Love ini juga menyuguhkan pemandangan laut yang indah dari atas bukit. Karena bentuknya yang berupa kepulauan, tentu saja Karimunjawa memberikan keindahan pemandangan laut dan pulau yang membentuk keindahan baik ketika matahari terbit atau matahari terbenam.

 

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.